Kamis, 17 Mei 2012

Beberapa Macam Cara Penggalangan Dana Bagi Yayasan

Event-Event Penggalangan Dana
1.      CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggung jawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Momentum kegairahan perusahaan dalam melaksanakan CSR ini bisa dimanfaatkan   oleh organisasi nirlaba (LAZ/BAZ, LSM, ORMAS/Orsos) untuk menggalang dukungan dan kemitraan dengan perusahaan. Organisasi nirlaba bisa membantu perusahaan dalam menjalankan program-program sosialnya. Mereka umumnya memiliki kapasitas terbatas dalam melaksanakan program dan mencari mitra yang tepat dalam melaksanakan program CSR.
2.     Event massal, Banyak orang menantikan event-event massal yang bisa mereka ikuti atau kunjungi, misalnya olah raga, musik, atau outbound. Jumlah peserta dan pengunjung yang diperkirakan cukup besar membuat anda bisa meminta para perusahaan sebagai penyandang dana.
3.     Jual buku, Mintalah kepada teman, atau para penulis untuk ikut serta dalam acara penjualan buku yang anda selenggarakan. Seluruh hasil penjualan akan disumbangkan bagi kegiatan yayasan anda. Anda juga bisa merancang penjualan khusus buku-buku tua atau yang sudah bersifat eksklusif.
4.     Tour sepeda, Anda bisa membuat acara tour bagi para penggemar sepeda yang akan mengumpulkan sumbangan dari orang-orang yang mereka jumpai selama tour. Rute tour tidak harus ke luar kota, di dalam kota pun bisa menarik hati para penggemar sepeda itu. Jangan lupa untuk merancang kegiatan menarik yang akan disisipkan pada saat mereka berhenti di tempat-tempat yang telah ditentukan.
5.     Kotak sumbangan,  Buatlah kotak sumbangan yang menarik, lalu taruhlah di berbagai rumah makan atau kafe.
6.     Malam dana, Buatlah malam dana bagi kegiatan yayasan anda dengan cara memperjualbelikan hasil karya-karya anak-anak yayasan seperti membuat tas, taplak meja, dll. Dengan begitu diharapkan hasil karya tersebut dapat terjual dan dapat menarik pihak luar untuk ikut menyumbangkan sebagian hasilnya dengan membeli hasil karya tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar