Senin, 23 April 2012

Organisasi Nirlaba




Sekilas Tentang Organisasi Nirlaba


Lembaga atau Organisasi Nirlaba merupakan suatu lembaga atau kumpulan dari beberapa individu yang memiliki tujuan tertentu dan bekerjasama untuk mencapai tujuan tadi, dalam pelaksanaannya kegiatan yang mereka lakukan tidak berorientasi pada pemupukan laba atau kekayaan semata (Pahala Nainggolan, 2005:01).


Lembaga Nirlaba atau Organisasi Non Profit merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang perannya terasa menjadi penting sejak era reformasi, tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari kini semakin banyak keterlibatan lembaga nirlaba.


Pengelolaan Organisasi Nirlaba, membutuhkan kepedulian dan integritas pribadi dan organisasi sebagai agen perubahan masyarakat, serta pemahaman yang komprehensif dengan memadukan pengalaman-pengalaman nyata dan teori manajemen yang handal, unggul dan mumpuni, sebagai hasil dari proses pembelajaran bersama masyarakat.




Contoh Organisasi Nirlaba


BKM/LKM sebagai sebuah organisasi nirlaba membutuhkan model pengelolaan yang berbeda dengan organisasi berorientasi laba. nilai-nilai yang menjadi fundamental keberadaan BKM/LKM, kemanusian universal, partisipasi dan demukratisasi, merupakan yang menggerakkan cara kerja dalam mengelola BKM/LKM.



0 komentar:

Posting Komentar